Halaman

Minggu, 29 Maret 2015

Social Media

Media sosial adalah alat (media/perantara) yang bisa menghubungkan sesama manusia di dalam dunia maya. Sedangkan Menurut Wikipedia , Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blogjejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Sudah ngerti belum definisi social media itu sendiri? Kalo belum dibaca lagi ya, kalo sudah mengerti mari kita lanjut ke contoh dari media social.

1.      Facebook, media social ini dikategorikan sebagai situs jejaring social dimana dapat menghubungkan para pengguna ke pengguna lain diseluruh dunia. Pada jejaring social ini kita tidak hanya bisa berinteraksi secara tulisan dalam hal ini adalah chatting, tetapi juga pengguna bisa membagi foto, video bahkan bermain games.
2.      Wikipedia, media social ini dikategorikan sebagai proyek kolaborasi dimana mengijinkan usernya untuk dapat mengubah, menambah, atau pun  meremove konten – konten yang ada di website ini.
3.      Youtube, media social ini dikategorikan sebagai media konten, para user dari pengguna website ini saling meng-share konten – konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan lain – lain. Contoh lainnya adalah instagram.
4.      Blog, media social ini dikategorikan sebagai jenis medial social blog dan microblog, User lebih bebas dalam mengekspresikan sesuatu di blog ini seperti curhat ataupun mengkritik kebijakan pemerintah

Untuk media social yang saya gunakan adalah facebook, disini saya bisa tetap keep and touch dengan teman lama saya diberbagai kota, saya bisa mendapatkan teman baru diberbagi negara. Kedua saya menggunakan instagram, disini saya hanya berjualan dengan membagi foto – foto jualan saya ke dunia maya. Ketiga blogspot, sejujurnya saya tidak suka menulisa, saya menggunakan blog hanya untuk tujuan kuliah saya hehe. Keempat youtube, disini saya bisa melihat video – video music ataupun pembelajaran yang sangat bagus.
Dampak positif, tujuan utama dari media social ini adalah untuk menghubungkan para pengguna ke pengguna lain tanpa melihat jarak. Kita bisa berkomunikasi dengan teman, kerabat, keluarga dengan menggunakan facebook. Kita bisa mendapatkan informasi – informasi yang lebih aktual dari pada media lainnya seperti Koran atau pun TV, kadang kala informasi di media social lebih cepat update tapi belum tentu terpercaya. Terus dengan menggunakan youtube, instagram kita bisa membagi kebahagian, kesedihan berupa video/foto dengan orang lain. Ini adalah salah satu cara instan untuk memperkenalkan diri kita kedunia luar.
Tapi walaupun media social sangat bermanfaat, banyak juga efek negative dari media social yaitu sekarang banyak anak remaja atau siapa pun yang tidak pintar menggunakan social media , secara tidak langsung mereka mengurangi komunikasi di dunia nyata, istilahnya yang jauh mendekat tetapi yang dekat menjadi jauh. Selain itu pornografi, penjualan illegal, penipuan banyak sekali terjadi dalam media social terutama di facebook. Dengan media social ini dengan mudahnya mempromosikan manusia untuk dijual. Semua itu harus kita hindari, memang sangat bagus menggunakan media social tapi alangkah baiknya kita bisa lebih cerdas dalam menggunakannya.
            Oke selesai sudah saya menjelaskan sedikit tentang media social, jangan bosan – bosan ya mampir ke blog ini walaupun isinya ga terlalu bagus hehe.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar