Halaman

Jumat, 11 November 2011

Kesenjangan Sosial yang di Hadapi Masyarakat Saat Ini


Heii semunya..
Ini artikel saya yang kedua tentang kesenjangan sosial. Mariii....
Mungkin anda sering kali mendengar kesenjangan sosial atau kesenjangan masyarakat?. Ya, Pada kali ini saya ingin membahas tentang kesenjangan sosial di dalam kehidupan bermasyarakat. Sebelum itu kita harus tahu arti kesenjangan itu. Kesenjangan sosial  adalah ketidakcocokan atau ketidakselarasan pemikiran, tingkah  atau pun perilaku sejumlah orang atau kelompok dengan kelompok lain.
Konflik yang terjadi di masyarakat selama ini banyak disebabkan adanya kesenjangan sosial, baik terkait ekonomi, budaya hukum mau pun sosial politik. Dimasyarakat kita ini sudah sering terjadi kesenjangan sosial itu sendiri. Contoh saja kesenjangan ekonomi yaitu miskin dan kaya. Kesenjangan ini sangat sangat dan sangaaatt mencolok di kehidupan masyarakat kita, terutama di Indonesia.   Perbedaan itu sangat terlihat jelas di para pejabat-pejabat tinggi yang sangat tidak memperdulikan rakyat kecil. Contohnya pada saat pemilu: mereka hanya mengumbar janji semata, dan pada saat sudah terpilih, mereka pun tidak melihat ke bawah lagi. Karna itu juga, para rakyat miskin sangat tidak perduli oleh mereka yang hanya bisa korupsi korupsi daaan korupsi.
Selain kesenjangan ekonomi, ada pula kesenjangan budaya yang mengakibatkan mayoritas orang tionghoa menjadi korban. Memang secara objektif, kesenjangan itu  disebabkan adanya keunggulan di bidang sumber daya, akumulasi modal dan penguasaan teknologi di kalangan etnis Tionghoa. Namun dalam pandangan masyarakat, kesenjangan itu juga muncul karena adanya peranan pemerintah dengan memberikan berbagai kemudahan sehingga memunculkan potensi konflik. Ketika potensi kekuasaan pemerintah dinilai lemah, masyarakat yang telah lama menyimpan kekesalan terhadap kesenjangan itu menjadi meledak sehingga mudah untuk melakukan kerusuhan.
Teman-teman...mungkin kesenjangan itu sendiri terjadi berasal dari kesalahan oleh pemerintah yang melakukan kebijakan kepada masyarakat sering tidak adil satu sama lain. Selalu mementingkan dan mengedepankan etnis-etnis atau RAS yang paling dekat dengan mereka. Dengan kata lain selalu pilih kasih
Oleh karena itu, mulailah kita belajar lebih bisa menerima dan saling tukar pikiran satu sama dengan yang lain. Mulai dari diri kita sendiri, keluarga, masyarakat dan kemudian ke pemerintah. Dan untuk pemerintah itu sendiri, harus lah merubah pola pikir yang selalu pilih kasih, dan kebijakan yang selalu mementingkan kaum-kaum mereka.
Selesai sudah kita bahas tentang kesenjangan sosial di kehidupan masyarakat Indonesia saat ini. Semoga bermanfaat dan saya harap ada perubahan di kehidupan kita. Terima Kasih !
Referensi: 

1 komentar:

  1. kesenjangan yang ada di indonesia sangat banyak.. dan tidak dapat teratasi dengan maksimal..

    BalasHapus