Halaman

Jumat, 11 November 2011

Pemuda dan Sosialisasi


Artikel saya yang ketiga ini ingin membahas tentang Pemuda dan Sosialisasi. Pemuda merupakan generasi penerus sebuah bangsa, kader bangsa, kader masyarakat dan kader keluarga. Pemuda selalu diidentikan dengan perubahan, betapa tidak peran pemuda dalam membangun bangsa ini, peran pemuda dalam menegakkan keadilan, peran pemuda yang menolak kekeuasaan. Pemuda adalah dasar dari kekuatan bangsa dan perkembangan suatu bangsa itu sendiri dimulai dari pemuda-pemudi yang selalu berkreasi menciptakan hal baru.
Pemuda selalu di identikan dengan perubahan biologis dan politis, itu memang benar. Tetapi untuk perubahan secara psikologis dan ekonomis masih belum matang untuk menjadi dewasa. Pemuda selalu melewati proses yang lambat dan teratur untuk menjadi yang lebih baik. Karna pemuda masih memiliki pemikiran dan emosi yang masih sangat labil.
Sosialisasi pemuda adalah proses yang membantu mereka melalui media pembelajaran dan penyesuaian diri, bagaimana bertindak dan berpikir agar ia dapat berperan dan berfungsi, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam sosialisasi, antara lain:
a)      Proses Sosialisasi
Istilah sosialisasi menunjuk pada semua faktor dan proses yang membuat manusia menjadi selaras di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Sosialisasi inilah yang membuat para pemuda-pemudi menjadi tahu apa yang mesti mereka lakukan ditengah-tengah lingkungan adat budaya mereka. Dari proses tersebut, seseorang akan terwarnai cara berpikir dan kebiasaan-kebiasaan hidupnya dan semakin matang lah psikologis mereka. Semua warga negara mengalami proses sosialisasi tanpa kecuali dan kemampuan untuk hidup ditengah-tengah orang lain atau mengikuti norma yang berlaku dimasyarakat. Ini tidak datang begitu saja ketika seseorang dilahirkan, melainkan melalui proses sosialisasi dan proses nya pun lambat, lama, dan teratur.
b)      Media Sosialisasi
-       Orang tua dan keluarga.
Disinilah paling penting peranan orang tua dan keluarga yang selalu menasehati, mengingatkan, dan memberikan pandangan anak nya tentang hal buruk dan yang baik. Mungkin dari kecil kita sudah selalu dingatkan agar tidak berbuat jahat. Contohnya jangan berbohong. Tapi untuk pemuda-pemudi bukan dinasehati sekedar itu saja, tetapi agar mereka bisa memilih jalan yang baik dan benar untuk masa depan mereka. Karna masa depan mereka itu sendiri ada pada tangan mereka sendiri. Orang tua juga ingin anak nya lebih berhasil di masa depan dari pada dirinya. Karna itu orang tua harus memberikan bekal nasehat yang baik dari rumah agar iman dan cara berpikir nya tidak mudah goyah dan terpengaruh oleh lingkungan luar. Pemuda juga selalu mencontoh perilaku orang tua nya, maka nya orang tua harus bersikap baik pula agar bisa jadi contoh buat anak nya maupun pemuda-pemudi di lingkungan masyarakat sekitar.
-       Mayarakat, sekolah, teman bermain, dan media massa.
Dari media sosial Masyarakat, sekolah, teman bermain, dan media massa juga bisa mempengaruhi  kehidupan pemuda pemudi itu sendiri. Cara berpikir, dan tingkah laku mereka, maka mereka juga harus bisa menjaga diri agar tidak terpengaruh.
Masalah-masalah yang menyangkut generasi muda dewasa ini adalah:
1)      Dirasakan menurunnya jiwa nasionalisme, idealisme dan patriotisme di kalangan generasi muda.
2)      Kurangnya lapangan dan kesempatan kerja.
3)      Masih banyaknya perkawinan-perkawinan di bawah umur.
4)      Pergaulan bebas, narkoba, dan tawuran.
Peranan pemuda atau mahasiswa di dalam kehidupan masyarakat :
1.      Peranan pemuda yang didasarkan atas usaha pemuda untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan nya.
2.      Agen of change.
3.      Agen of development.
4.      Agen of modernization.
Pesan saya bagi para pemuda pemudi khusus nya di Indonesia, kita adalah aset bangsa kita, jangan lah kita sampai merusak negara ini dengan tingkah laku kita. Dengan kreasi, talenta, norma adat, pola pikir kita berjuang untuk menjadi lebih baik di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat dan mengharumkan nama baik Indonesia.

Horas!!


Referensi:
Materi Ilmu Sosial Dasar


.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar