Halaman

Jumat, 15 November 2013

Bagaimana colour itu dipilih pada penggunaan yang tepat-grad line pemilihan warna ?

Oke brada, kali ini saya ingin membahas penggunaan warna yang tepat itu gimana sih?
Sebelum itu saya akan menjelaskan pengertian warna.

Menurut Wikipedia:
Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer.
Ada banyak warna dasar yang kita ketahui yaitu hitam, putih, merah, hijau, dan biru.

Pengelompokkan warna:
1.  Warna netral, adalah warna-warna yang tidak lagi memiliki kemurnian warna atau dengan kata lain bukan merupakan warna primer maupun sekunder. Warna ini merupakan campuran ketiga komponen warna sekaligus, tetapi tidak dalam komposisi tepat sama.
2.  Warna kontras atau komplementer, adalah warna yang berkesan berlawanan satu dengan lainnya. Warna kontras bisa didapatkan dari warna yang berseberangan (memotong titik tengah segitiga) terdiri atas warna primer dan warna sekunder. Tetapi tidak menutup kemungkinan pula membentuk kontras warna dengan menolah nilai ataupun kemurnian warna. Contoh warna kontras adalah merah dengan hijau, kuning dengan ungu dan biru dengan jingga.
3.  Warna panas, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari merah hingga kuning. Warna ini menjadi simbol, riang, semangat, marah dsb. Warna panas mengesankan jarak yang dekat.
4.  Warna dingin, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari hijau hingga ungu. Warna ini menjadi simbol kelembutan, sejuk, nyaman dsb. Warna dingin mengesankan jarak yang jauh.
Kalau kita membahas mengenai warna, pasti kita sering mengenal RGB. Apa itu RGB? RGB kepanjangan dari Red,Green,Blue adalah suatu model wanra yang ditambahkan dengan berbagai cara untuk menghasilkan bermacam-macam warna.
Ketika kita mencampur red beberapa persen, green berberapa persen, dan blue beberapa persen maka akan mendapatkan warna yang berbeda.


Nah dari penjelasan diatas bagaimana menentukan pewarnaan yang tepat pada suatu objek.
Saya akan memberikan contoh di kehidupan sehari hari. Kalau kita sering menggambar dipaint terserah objek apapun, kita harus memilih warna yang tepat. Contoh menggambar sepasang pakaian wanita dan pria. Jika kita menggambar pakaian pria kita harus menyesuiakan dengan warna pria, contoh baju atasannya biru tua dan celananya warna putih. Harus di matchingkan dengan warna tua dan warna muda. Begitu juga pakaian wanita, pakaian atasannya bisa warna pink dan celananya warna hitam gelap. Itu akan memberikan warna yang menarik untuk pakaian wanita tersebut.

Inilah penjelasan saya tentang penggunaan warna yang tepat. Terima kasih telah anda simak blog saya ini, see you yeee..


Daftar Pustaka:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar